Strategi membangun aplikasi teknologi pelayanan manajemen sistem informasi untuk mendapatkan profit perusahaan
Strategi membangun aplikasi teknologi
pelayanan manajemen sistem informasi untuk mendapatkan profit perusahaan
Peran
Sistem informasi saat ini telah menjadi penunjang kegiatan dalam operasional
suatu bidang bisnis, menunjang manajemen dalam pengambil keputusan dan
menunjang strategi kompetetif organisasi.
Peran
nya adalah sebagai pencapai keunggulan strategis yang dapat diterapkan pada
suatu perusahaan yang memutuskan untuk megubah data, sehingga memungkinkan
berbagi informasi dengan para sekutu bisnis dan pelanggannya. Persaingan
bisnis merupakan kunci penentu sebuah keberhasilan sebuah organisasi bisnis.
Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya
yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara
optimal.
Strategi
ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena
para competitor bisnis mempunyai sumberdaya teknologi yang sama dan dapat
memastikan bahwa asset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung
maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik
merupakan suatu peningkatan pendapatan atau kekurangan biaya, selain itu juga
strategi perusahaan berbasis sistem informasi digunakan untuk mencegah
terjadinya kelabihan atau kekurangan investasi seta menjamin bahwa teknologi
informasi yang direncanakan akan menjawab apa saja informasi yang dibutuhkan
oleh perusahaan.
Beberapa keuntungan
sebuah perusahaan dengan adanya fungsi Sistem Informasi :
- ·
Dapat meningkatkan aksesibilitas data sehingga
dapat tepat waktu dan akurat.
- ·
Menjamin ketersediaan kualitas dan
keterampilan dalam memanfaatkan informasi.
- ·
Mengembangkan proses perencanaan yang
efektif.
- ·
Mengidentifikasi setiap kebutuhan
keterampilan.
- ·
Menetapkan investasi yang diarahkan pada
Sistem Informasi.
- ·
Mengantisipasi dan memahami koseskoensi
ekonomis dari sistem informasi.
- ·
Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi
pengembangan dan pemeliharaan sistem.
Dalam strategi sistem
informasi manajemen terdapat langkah-langkah kerja yaitu :
- ·
membuat konsep sistem informasi.
- ·
Proses pengembangan sistem informasi.
- ·
Pengaplikasian Bisnis.
- ·
Dan mengerjakan tantangan dalam
memanajemen perusahaan.
Beberapa
aplikasi pelayanan dalam sistem informasi untuk operasi bisnis adalah untuk
memproses transaksi, mengontrol proses industrial dan mendukung komunikasi
serta produktivitas kantor secara efisien
a. Transaction Processing Systems (TPS)
TPS berkembang dari sistem informasi secara manual sebagai sistem proses data dengan bantuan aplikasi dan menjadi sistem proses data elektronik, dalam TPS mencatat danmemproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan dan pembelian dan perubahan persediaan, sebagai contoh TPS dalam pelayanan aplikasina adalah dapat melihat kuitansi penjualan, order pemebelian, formulir pajak dan rekening perusahaan.
b. Process Conrol System (PCS)
Sebuah aplikasi sistem informasi secaa rutin akan membuat keputusan yang mengendalikan suatu proses operasional, seperti pengendalian produksi. Dan keputusan yang diambil adalah pengaturan proses produksi fisik yang secara otomatis dibuat.
c. Office Automation System (OAS)
Dalam proses ini OAS bekerja sebagai pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan dan pengiriman data informasi dalam bentuk komunikasi kantor elektronik, contohnya adalah sebagai word processing, surat elektronik dan lainnya.
Sumber
:
Komentar
Posting Komentar