Strategi membangun aplikasi teknologi pelayanan manajemen sistem informasi untuk mendapatkan profit perusahaan

Gambar terkait
Strategi membangun aplikasi teknologi pelayanan manajemen sistem informasi untuk mendapatkan profit perusahaan

Peran Sistem informasi saat ini telah menjadi penunjang kegiatan dalam operasional suatu bidang bisnis, menunjang manajemen dalam pengambil keputusan dan menunjang strategi kompetetif organisasi.

Peran nya adalah sebagai pencapai keunggulan strategis yang dapat diterapkan pada suatu perusahaan yang memutuskan untuk megubah data, sehingga memungkinkan berbagi informasi dengan para sekutu bisnis dan pelanggannya. Persaingan bisnis merupakan kunci penentu sebuah keberhasilan sebuah organisasi bisnis. Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal.

Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para competitor bisnis mempunyai sumberdaya teknologi yang sama dan dapat memastikan bahwa asset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik merupakan suatu peningkatan pendapatan atau kekurangan biaya, selain itu juga strategi perusahaan berbasis sistem informasi digunakan untuk mencegah terjadinya kelabihan atau kekurangan investasi seta menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan akan menjawab apa saja informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Gambar terkait

Beberapa keuntungan sebuah perusahaan dengan adanya fungsi Sistem Informasi :
  • ·         Dapat meningkatkan aksesibilitas data sehingga dapat tepat waktu dan akurat.
  • ·         Menjamin ketersediaan kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan informasi.
  • ·         Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
  • ·         Mengidentifikasi setiap kebutuhan keterampilan.
  • ·         Menetapkan investasi yang diarahkan pada Sistem Informasi.
  • ·         Mengantisipasi dan memahami koseskoensi ekonomis dari sistem informasi.
  • ·         Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem.

Dalam strategi sistem informasi manajemen terdapat langkah-langkah kerja yaitu :
  • ·         membuat konsep sistem informasi.
  • ·         Proses pengembangan sistem informasi.
  • ·         Pengaplikasian Bisnis.
  • ·         Dan mengerjakan tantangan dalam memanajemen perusahaan.

Beberapa aplikasi pelayanan dalam sistem informasi untuk operasi bisnis adalah untuk memproses transaksi, mengontrol proses industrial dan mendukung komunikasi serta produktivitas kantor secara efisien

a.      Transaction Processing Systems (TPS)
 
TPS berkembang dari sistem informasi secara manual sebagai sistem proses data dengan bantuan aplikasi dan menjadi sistem proses data elektronik, dalam TPS mencatat danmemproses data hasil dari transaksi bisnis, seperti penjualan dan pembelian dan perubahan persediaan, sebagai contoh TPS dalam pelayanan aplikasina adalah dapat melihat kuitansi penjualan, order pemebelian, formulir pajak dan rekening perusahaan.
 
b.      Process Conrol System (PCS)
 
Sebuah aplikasi sistem informasi secaa rutin akan membuat keputusan yang mengendalikan suatu proses operasional, seperti pengendalian produksi. Dan keputusan yang diambil adalah pengaturan proses produksi fisik yang secara otomatis dibuat.
 
c.       Office Automation System (OAS)
 
Dalam proses ini OAS bekerja sebagai pengumpulan, pemrosesan, penyimpanan dan pengiriman data informasi dalam bentuk komunikasi kantor elektronik, contohnya adalah sebagai word processing, surat elektronik dan lainnya.





Sumber :

Komentar

Postingan Populer